Sabtu, 24 November 2018

Coklat Mempengaruhi Anak Hiperaktif?

Photo By Google

Tahukah kamu bahwa kafein selain ditemukan di kopi, juga ditemukan pada coklat. Kafein telah dikenal dapat memicu gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Yaitu salah satu gangguan anak yang cukup sering terjadi. Gejalanya meliputi anak yang tidak perhatian, impulsif (bertindak secara tiba-tiba), dan hiperaktivitas. Penyakit ADHD adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motoric anak-anak yang dapat berlangsung hingga dewasa. Anak-anak dengan ADHD mungkin memiliki kesulitan duduk diam, mengikuti arah, dan menyelesaikan tugas-tugas di rumah atau sekolah. Dan juga dapat membuat gejala tersebut lebih buruk jika seorang anak hiperaktif tidak berhenti mengonsumsi coklat. Produk coklat apapun seperti permen, kue atau minuman harus dihindari bagi anak hipertensi.
Jika anak Anda menderita ADHD atau mengalami hiper aktif sehingga sangat sulit untuk diatur, cobalah perhatikan apa saja yang sebaiknya dimakan dan dihindari oleh mereka. Jika tidak, salah-salah dapat memicu tingkat ADHD dalam tubuh mereka. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dimakan dan juga dihindari oleh anak-anak yang menderita ADHD:
 1.      Essential Fatty Acid (EFA)
      Ini adalah salah satu lemak yang sebaiknya dimiliki oleh anak Anda, DHA asam lemak omega 3 adalah kunci utama untuk mencegah ADHD berkembang di dalam otak. Hasil peneltian menunjukkan bahwa setiap anak dengan learning disorder, termasuk tingkat perhatian yang menurun dan juga berlaku hiperaktif adalah salah satu akibat dari penurunan EFA.
Untuk meningkatkan kadar EFA, sebaiknya perbayak konsumsi ikan, biji-bijian, dan juga kacang-kacangan yang merupakan sumber EFA yang baik.
.   2.    Vitamin B Kompleks
       Vitamin B ini dibutuhkan untuk meningkatkan aktifitas saraf dan sangat baik untuk menurunkan stres, dan keduanya ini banyak sekali ditemui pada anak-anak yang menderita ADHD. Meskipun hampir seluruh vitamin B ini adalah baik, tapi ada dua jenis yang memiliki potensial efek sehingga harus Anda sikapi dalam mengkonsumsinya. Seperti vitamin B3 atau yang sering dikenal dengan niacin. Niacin ini dapat menyebabkan iritasi kulit, yang sangat berpengaruh pada kerusakan hati. Tingginya dosis vitamin B6 juga dapat menyebabkan kurang sensitif.
                     Sumber vitamin B adalah ragi, hati, gandum utuh baik dari sereal atau roti, nasi, kacang-kacangan,                      telur, susu, ikan, buah-buahan, daging, sayuran hijau dan juga kedelai.





               3. Protein

                     Jika Anda belum mengganti kebutuhan protein siang hari Anda untuk beberapa potong salmon,                          seharusnya Anda mengetahui bahawa protein penyumbang energi terbaik untuk tubuh. Hal ini                            juga sangat baik untuk anak-anak dengan ADHD, dengan mengkonsumsi sedikit porsi protein                             sehari mampu mengganti energi yang telah mereka keluarkan seharian.

                    Menyajikan makanan berprotein bukan berarti Anda harus selalu masuk dapur untuk memasak.                         Coba saja berikan menu sarapan anak Anda setangkup roti gandum dengan isian keju dan juga                           telur. Atau berikan yoghurt low-fat tawar dicampur dengan pisang sebagai perasa manisnya.



              4. Kalsium dan Magnesium

                  Selalu berikan buah hati Anda segelas susu setiap hari atau perbanyak konsumsi sayuran hijau.                           Kalsium yang terkandung di dalamnya selain baik untuk pertumbuhan tulang juga sangat baik                             melapisi membran sel dan melindungi jaringan syaraf. Hal ini sangat baik dalam mempengaruhi                         tingkah laku anak Anda. Magnesium juga memberikan efek menenangkan pada sistem saraf,                               memabantu menjaga otot dan fungsi saraf.

                 Susu dan sayuran hijau merupakan sumber kalsium. Sayuran hijau seperti brokoli, dan gandum utuh                  yang terkandung dalam sereal juga menjadi sumber tambahan. Sedangkan bayam, kacang-                                  kacangan, dan makanan yang berasal dari biji-bijian kaya akan magnesium.


           5. Mineral Penting dalam Tubuh

               Mineral merupakan salah satu mikronutrient yang sangat dibutuhkanoleh tubuh setiap hari, meskipun                dengan jumlah yang tidak terlalu besar. 'Trace Mineral' dapat membantu ADHD anak-anak termasuk                zat besi dan zinc. Studi telah membuktikan bahwa anak-anak dengan ADHD memiliki kadar zinc                      yang lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memiliki ADHD.
                "Trace Mineral' ini dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Tapi mineral terbanyak bisa                      didapat dari multivitamin tambahan dengan kadar gula rendah tentunya.





Artikel oleh Lu'lu' Hanifatush Sholihah









Tidak ada komentar:

Posting Komentar